Wisata Terindah di Jogja

Tempat Wisata Terindah di Jogja yang Masih Tersembunyi

Yogyakarta atau lebih banyak yang menyebutnya Jogja, memang surganya tempat wisata. Ya, sekalipun tidak ada Borobudur, Prambanan, Pantai Parangtritis dan kawasan Malioboro, Jogja akan tetap mampu menempatkan dirinya di hati setiap wisatawan.

Tempat wisata di Jogja, jika di-eksplorasi lebih jauh bak menyelami sumur tanpa dasar. Tidak ada habisnya, masih banyak lho tujuan wisata yang sangat menarik tapi belum terlalu diketahui orang. Ingin tahu tempat wisata mana saja? Simak baik-baik yah!

Hutan Pinus Pengger

Di Dlingo, Bantul, Yogyakarta memang sangat terkenal dengan Hutan Pinus Mangunan. Tapi, kita gak akan membahas hutan pinus ini. Ada lagi hutan pinus yang pemandangannya tak kalah indah, yaitu Hutan Pinus Pengger.

Tempat wisata satu ini sebenarnya sudah ada sejak dua tahun terakhir, namun kurang nge-hits karena awalnya hanya ada spot foto yang terbilang mainstream yaitu spot gardu pandang di pohon pinus dan jembatan pohon.

Beda halnya dengan sekarang, hutan Pinus Pengger sepertinya mulai ramai dengan adanya spot foto baru yang keren-keren. Spot foto unggulan di sana adalah spot Rumah Adat (rumah ala indian) dengan lubang di tengah yang bisa dimasuki 2 orang pengunjung sekaligus. Dari situ bisa melihat Jogja yang ramah dari ketinggian, lengkap dengan kemerlip lampu kota. Tak heran jika Hutan Pinus Pengger ini recommended sebagai wisata malam jogja yang seru.

Hutan Pinus Pengger

Spot foto keren lainnya adalah gardu pandang yang dibentuk menyerupai tangan raksasa. Keren bukan? Pengunjung pastinya juga bisa pepotoan di atasnya. Pemandangan pegunungan berpadu dengan dataran rendah Kota Jogja bisa Anda jadikan background saat berfoto di sianga hari. Dan di malam hari, di ujung jari-jari spot foto tangan Raksasa itu terdapat lampu yang bisa menyorot ke arah sentris sehingga efek foto yang dihasilkan sangat apik.

Tak hanya itu, pemandangan senja di Hutan Pinus Pengger juga sangat indah. Momen matahari terbenam (sunset) di sana sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Daya arik lainnya ada juga Watu Ngadek, Goa Lempeng dan Goa Macan.

Wisata Hutan Pinus Pengger bisa Anda temui di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Berjarak sekitar 4 kilometer dari Pathuk Gunungkidul. Termasuk dalam kawasan reservasi Hutan Pinus milik Perhutani.

Untuk menujunya, Anda bisa memanfaatkan fitur GPS di smartphone Anda, bisa juga GPS alami yaitu bertanya pada penduduk sekitar.

Untuk bisa menikmati segala keindahan di Hutan Pinus Pengger, Anda wajib membayar tiket Rp2.000. Parkir motor Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk foto-foto cukup membayar seikhlasnya.

Air Terjun Gedad

Wisata di Jogja satu ini juga sedang hits di Instagram. Lokasinya berada di Kabupaten Gunungkidul yang memang banyak menyumbang objek wisata keren di Jogja.

Wisata Air Terjun Gedad bisa dibilang masih baru di Gunungkidul. Air terjun ini mulai dikelola dan dibuka untuk umum baru mulai Desember 2016, dan dikelola sendiri oleh warga melalu kelompok pemuda Karang Taruna. Keren! Tujuan mereka adalah memajukan pariwisata sebagai penopang tambahan ekonomi masyarakat pedesaan. Kan kalau begini ekonomi warga akan meningkat nantinya!

Air Terjun Gedad

Ketinggian Air Terjun Gedad relatif pendek sekitar 10-15 meter, jadi daya tarik wisata ini bukanlah ketinggiannya guyuran airnya melainkan bentuknya yang unik, yakni berundak-undak sehingga tampak indah dan seperti keluar dari dindingnya. Lokasinya dikelilingi tumbuhan hijau sehingga tampak asri dan sejuk. Keindahannya tidak dibuat-buat lho!

Wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Gedad yang ramai saat weekend ini tak hanya dari dalam mauapun luar Jogja tapi juga sudah banyak ditengok wisatawan mancanegara. Gokil memang!

Gimana, sudah bisa membuatAnda penasaran untuk merasakan langsung panorama Air Terjun Gedad? Jika iya, Anda bisa menuju desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Jaraknya sekitar 50 kilometer dari pusat kota Jogja.

Harga tiket masuknya dijamin tidak akan menguras isi dompet Anda, cukup membayar tiket Rp5.000/orang yang sudah termasuk parkir, Anda sudah bisa seru-seruan berwisata di sana.

Wisata dekat Air Terjun Geded yang bisa sekalian Anda kunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk dan Bukit Bintang.

Pantai Watu Lumbung

Ada banyak sekali wisata indah di Jogja yang tersembunyi alias belum dikenal luas, dan Pantai Watu Lumbung di Desa Balong, Kecamatan Girisubu, kabupaten Gunung Kidul adalah salah satunya. Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Wediombo, dan Gunung Batur di sebelah timur.

Tak seperti pantai kebanyakan dengan bentangan pasir lembut di bibir pantai, Watu Lumbung justru memiliki hamparan tebing dan batu-batu karang dengan formasi acak sehingga unik nan eksotis. Bahkan salah satunya memiliki lubang sehingga tampak seperti pintu gerbang yang siap menyambut Anda.

Pantai Watu Lumbung

Ciri khas utama lainnya adalah adanya dua batu besar yang terletak di tengah pantai. Menurut informasi yang beredar pantai karang yang menjorok ke tengah lautan ini terbentuk dari letusan gunung berabad-abad yang lalu. Pemandangan langka ini bisa Anda saksikan dengan jelas saat dari ketinggian sebelum turun menuju pantai. Keindahan pantai ini ditambah adanya bukit-bukit hijau disekitarnya, keindahannya juara. Jadi jangan takut tidak menemukan spot foto keren di sini. yang ditakutkan adalah baterai kamera Anda yang keburu abis sebelum puas pepotoan. Jangan mewek yah!

Berapa harga tiket masuk Pantai Watu Lumbung? Murah kok. Untuk masuk + biaya parkirnya, siapkan saja uang Rp10.000 maka Anda akan mendapat kembalianRp2.000.

Itulah  tempat wisata terindah di jogja yang masih tersembunyi. Sebanaranya masih banyak lagi yang belum disebutkan saking kayanya wisata Kota Pelajar ini. Cukup segitu dulu yah J. Semoga lawatan wisata Anda ke di tempat wisata di atas bisa berkesan dan menyenangkan.

Leave a Reply